PSSI Prioritaskan Belanda Jadi Tempat TC Timnas Indonesia U-19

By ommed


nusakini.com - PSSI memilih lebih memprioritaskan Belanda sebagai tempat untuk menggelar pemusatan latihan (TC) bagi timnas Indonesia U-19 sebagai bagian dari persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

Hal itu diungkapkan ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, Selasa (19/7). Menurut Iriawan, PSSI sebetulnya sudah mempertimbangkan tiga negara di Eropa yang akan dijadikan lokasi TC timnas U-19. Selain Belanda, dua negara lainnya adalah Spanyol dan Portugal.

Namun Belanda menjadi prioritas, karena PSSI dan pelatih Shin Tae-yong mempunyai agenda tersendiri. Itu disebabkan agar TC timnas U-19 bisa diikuti sejumlah pemain keturunan yang ada di Negeri Kincir Angin.

Sebelum Piala AFF U-19 2022 pada bulan lalu, tiga pemain keturunan sempat mengikuti TC di Jakarta, yakni Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel, walau mereka akhirnya tidak masuk ke dalam tim.

“Jadi, Shin bisa melihat pemain-pemain yang akan didatangkan ke timnas. Bukan pemain-pemain itu ke Indonesia. Nantinya di Belanda juga akan menghadapi tim-tim kuat dalam laga uji coba,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut dikutip laman kantor berita Antara.

“Sebenarnya kami sedang memilih apakah Spanyol, Portugal atau Belanda. Kami akan merapatkan hal ini dengan Shin Tae-yong sebelum dia kembali ke Korea Selatan [untuk berlibur].”

Tae-yong sebelumnya menginginkan TC timnas U-19 dilangsungkan pada September, atau setelah mereka mengikuti kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Timnas U-19 akan menjadi tuan rumah pertandingan di Grup F. Garuda Nusantara bakal bentrok dengan Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste di babak kualifikasi ini.

Ajang ini sekaligus menjadi babak kualifikasi menuju Piala Dunia U-20 2023. Hasil apapun tidak akan memberikan pengaruh bagi Indonesia, karena menyandang status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Mengenai venue kualifikasi Piala Asia U-20, Iwan Bule mengatakan, PSSI telah memilih Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai venue pertandingan. Stadion Gelora Bung Tomo tidak dipilih, karena akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia UU-20.

“Sebelumnya, Bandung sudah, begitu pula Yogyakarta dan Jakarta. Jadi sekarang giliran Jawa Timur. Salah satu tempat pertandingannya bisa saja di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo,” ucap Iwan Bule. (gi/om)